Sabtu, 16 April 2016

Pengusaha Muda Jangan Takut Rugi!


          Memang sih, yang ada dipikiran orang pas denger kata bisnis tuh uang, untung, rugi, sukses, bangkrut, dll yang bersifat material. Namun, dari sekian banyak remaja di sekolah yang saya survey, 6 dari 10 remaja mengatakan “UNTUNG, UANG, dan SUKSES” diawal jawabanya. Yang artinya banyak orang berfikir bahwa bisnis cepat menghasilkan keuntungan. STOP! Jangan berfikir kayak gitu kawan. Nanti kalian bakal cepat depresi kalau dihari pertama, kedua, ketiga jualan kalian dapetnya rugi.
          Bisnis itu gak selalu untung dan gak selalu rugi juga bro, tapi untung ruginya bukan hoki-hokian lho ya.. kalian bisa mengatur en meng-Taktikan cara biar PELANGGAN BERMINAT. Seenggaknya pelanggan mau dengerin dan merhatiin jualan kalian yah.. Jangan mikir untung dulu. Karena target kalian di segmen adalah PROMOSI! Kalian mempromosikan barang dagangan dengan logat khas yang menarik. Akhirnya kalian bakal mempromosikan diri kalian juga dan bakal diinget oleh banyak pelanggan yang lewat.
“ eh, tauga, di samping ada yang jualan lho, gua gak mau beli sih, tapi orangnya ramah, lucu!”
          Nah, gitu tuh promosi secara gak langsung. Hitunglah perkalian 2. Dari 4 orang ngasi tau temenya 1 orang, jadi 8. 8 jadi 16, 16 jadi 32. Daaan seterusnya. Jadi gak masalah kalian gak dapet untung hari ini. Toh pelangganya cuman 4. Sadar diri kawan. Eh?
Tapi liat esok, esok, esok dan esok. Pelanggan kalian akan berlipat ganda JIKA kalian tetap istiqomah dan melakukan banyak inovasi baru dalam bebisnis.
Kadang saya berfikir, kalau kita selalu dapet untung, gak pernah rugi pas bisnis disekolah, ujungnya kita gak bakal siap rugi diluar sekolah. Diluar gak kayak di sekolah bro sis.. di situ kamu adalah minoritas yang gak banyak orang kenal.
Sebagai contoh, ada temen saya, sebut saja namanya jidni. Dia jualan “ Molen tanpa Rhodamin-B (pewarna tekstil) “ ya atuh moleh gak ada pewarnanyaa!! -_- !
“ Eh, si jidni jualan molen tuh, 2500 an beli yok!!” terus nyebar ke kelas sebelah, trus ke kelas lantai 1, terus seantero Insantama.. habis deh daganganya. Kebetulan dia juga jualan di sempur pas CFD ( car free day) dulu, trus saya tanya.. “ Jijid (panggilanya) antum jualan di sempur cepet laku kayak di sekolah gak???”
“ ENGGAAK!” wow, jawaban singkat, padat, jelas, dan menusuk di hati...
“ Cuma 4 dari 10 orang Ham (arham) yang beli. Harus rajin promosi, gak boleh diem”
“ Moleeeeennn, bu.. molenya bu, gak pake rhodamin, pewarna tekstil ataupun sianida, moleeeen.. dijamin pisangnya asli!!! Gitu deh promosinya, trus pan biasanya yang dateng banyakan tuh. Jadi pas beli sekali abis 4, trus trusan gitu.. habis deh”

Gitu kawan, kisah mengharukanya jidni sebagai pedagang kaki 5 molen. Smoga gak ditangkep satpol ya Jid. Hehehee.... Yang penting disini, kalian butuh stuggle lebih biar dapet pelanggan lebih, jangan takut rugi, dan JANGAN pikirin untung dulu, pikirin dulu RUGInya biar bisa diantisipasi esok hari!
Makasih ya @ZidnyIlman atas inspirasinya...

Salam sukses bisnis dari Mas!

 Jangan Takut Rugi!
          Memang sih, yang ada dipikiran orang pas denger kata bisnis tuh uang, untung, rugi, sukses, bangkrut, dll yang bersifat material. Namun, dari sekian banyak remaja di sekolah yang saya survey, 6 dari 10 remaja mengatakan “UNTUNG, UANG, dan SUKSES” diawal jawabanya. Yang artinya banyak orang berfikir bahwa bisnis cepat menghasilkan keuntungan. STOP! Jangan berfikir kayak gitu kawan. Nanti kalian bakal cepat depresi kalau dihari pertama, kedua, ketiga jualan kalian dapetnya rugi.
          Bisnis itu gak selalu untung dan gak selalu rugi juga bro, tapi untung ruginya bukan hoki-hokian lho ya.. kalian bisa mengatur en meng-Taktikan cara biar PELANGGAN BERMINAT. Seenggaknya pelanggan mau dengerin dan merhatiin jualan kalian yah.. Jangan mikir untung dulu. Karena target kalian di segmen adalah PROMOSI! Kalian mempromosikan barang dagangan dengan logat khas yang menarik. Akhirnya kalian bakal mempromosikan diri kalian juga dan bakal diinget oleh banyak pelanggan yang lewat.
“ eh, tauga, di samping ada yang jualan lho, gua gak mau beli sih, tapi orangnya ramah, lucu!”

          Nah, gitu tuh promosi secara gak langsung. Hitunglah perkalian 2. Dari 4 orang ngasi tau temenya 1 orang, jadi 8. 8 jadi 16, 16 jadi 32. Daaan seterusnya. Jadi gak masalah kalian gak dapet untung hari ini. Toh pelangganya cuman 4. Sadar diri kawan. Eh?
Tapi liat esok, esok, esok dan esok. Pelanggan kalian akan berlipat ganda JIKA kalian tetap istiqomah dan melakukan banyak inovasi baru dalam bebisnis.
Kadang saya berfikir, kalau kita selalu dapet untung, gak pernah rugi pas bisnis disekolah, ujungnya kita gak bakal siap rugi diluar sekolah. Diluar gak kayak di sekolah bro sis.. di situ kamu adalah minoritas yang gak banyak orang kenal.
Sebagai contoh, ada temen saya, sebut saja namanya jidni. Dia jualan “ Molen tanpa Rhodamin-B (pewarna tekstil) “ ya atuh moleh gak ada pewarnanyaa!! -_- !
“ Eh, si jidni jualan molen tuh, 2500 an beli yok!!” terus nyebar ke kelas sebelah, trus ke kelas lantai 1, terus seantero Insantama.. habis deh daganganya. Kebetulan dia juga jualan di sempur pas CFD ( car free day) dulu, trus saya tanya.. “ Jijid (panggilanya) antum jualan di sempur cepet laku kayak di sekolah gak???”
“ ENGGAAK!” wow, jawaban singkat, padat, jelas, dan menusuk di hati...
“ Cuma 4 dari 10 orang Ham (arham) yang beli. Harus rajin promosi, gak boleh diem”
“ Moleeeeennn, bu.. molenya bu, gak pake rhodamin, pewarna tekstil ataupun sianida, moleeeen.. dijamin pisangnya asli!!! Gitu deh promosinya, trus pan biasanya yang dateng banyakan tuh. Jadi pas beli sekali abis 4, trus trusan gitu.. habis deh”

Gitu kawan, kisah mengharukanya jidni sebagai pedagang kaki 5 molen. Smoga gak ditangkep satpol ya Jid. Hehehee.... Yang penting disini, kalian butuh stuggle lebih biar dapet pelanggan lebih, jangan takut rugi, dan JANGAN pikirin untung dulu, pikirin dulu RUGInya biar bisa diantisipasi esok hari!
Makasih ya @ZidnyIlman atas inspirasinya...

Salam sukses bisnis dari Mas!

0 komentar:

Posting Komentar